JPI Class On The Moon: Tips Sinopsis FTV Diterima PH Ala Sifa Hasta

Penulis: Asti Pravitasari   Editor: R. Resvita
Foto. Dok. Pribadi Sifa Hasta
Menembus PH adalah impian banyak penulis sinopsis. Namun sayang, banyak juga yang tidak memperhatikan kaidah yang diminta oleh PH yang dituju. Oleh karena itu, para anggota JPI yang sudah terverifikasi oleh pendiri JPI, Endik Koeswoyo diajak oleh Sifa Hasta untuk menyelami bagaimana sih agar sinopsis kita diterima oleh PH? 
Acara JPI Class On The Moon dimoderatori oleh Firda Shiewa. Salah satu penulis sinopsis yang juga seterkenal Sifa Hasta. Dalam waktu satu setengah jam, mereka berkolaborasi secara epic menyampaikan materi tentang sinopsis FTV.

Sifa Hasta pun memberitahu kepada semua anggota JPI perihal standar penulisan sinopsis FTV, yaitu:
1. Tulisan sinopsis harus rapi atau diketik menggunakan MS. Word (Microsoft Word Office) sekitar 3-5 halaman. Tidak boleh lebih.
2. Tuliskan KARAKTERISASI PEMAIN, maksimal 7 orang. Lebih dari 7 orang sudah otomatis Ditolak.
3. Kertas A4, ukuran font 12, jenis font Courier New dan spasi 1. Jika tidak menggunakan font Courier New, sudah pasti tidak dibaca.
4. Judul huruf besar semua Dibold, ukuran font 20 dengan tanda petik dua. Contoh: “CINTAKU PADAMU TANPA TEDENG ALING-ALING”
5. Nama Penulis kecil, setelah judul atau di bawah judul. Contoh: Sifa Hasta.
6. Isi Cerita harus rapi, rata kanan-kiri dan berparagraf atau menjorok ke dalam.
7. Akhiri dengan kata –SEKIAN-. Bukan TAMAT, SELESAI atau The End.
8. Lihat dan perbanyak membaca contoh-contoh. Jika format dasar tidak sesuai dengan ini, OTOMATIS ditolak. Bahkan, tidak dibaca.

Selain memberitahu kaidah itu, Sifa Hasta juga memberi contoh sinopsis FTV yang musti dipelajari. Kegiatan JPI Class On The Moon spesial beda skenario dan ide cerita dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Peserta JPI di grip WhatsApp tampak antusias karena banyak yang bertanya. Sifa Hasta dan Firda Shiewa pun dengan semangat bergantian menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.

Kegiatan bedah ide cerita dan penulisan sinopsis kali ini berakhir dengan seru. Firda Shiewa memberikan contoh-contoh sinopsis yang telah diterima Starvision—salah satu PH terkenal di Jakarta. Luar baisanya, contoh sinopsis tersebut sudah ditayangkan menjadi FTV setelah dijadikan Scene-Plot dan Skenario.

JPI Class On The Moon dilangsungkan setiap mingguan dengan mengangkat tema berbeda-beda, mulai dari penulisan berita, penulisan novel, penulisan ide cerita dan skenario, serta promo dan digital marketing. Keren pastinya! (AP)

Posting Komentar untuk "JPI Class On The Moon: Tips Sinopsis FTV Diterima PH Ala Sifa Hasta"

Email Hosting
Email Hosting