Pati Lembong Makanan Sehat Pengganti Krecek Kulit

Penulis: Ria M



Jika selama ini kamu hanya mengenal kerecek/kerupuk dari kulit sebagai bahan campuran masakan, yuk main ke Desa Jati Datar, Lampung Tengah. Warga Desa Jati Datar memanfaatkan pati lembong atau ganyong untuk membuat krecek. Pati lembong berasal dari pohon lembong atau pohon ganyong. Memang pati lembong tidak sepopuler krecek kulit namun rasanya tentu tidak kalah gurih dan sedap.

Pati lembong juga bisa diolah menjadi cendol. Lembong utuh pun bisa dikukus utuh dan langsung dikonsumsi. Rasanya yang agak manis menambah cita rasa berbagai makanan. Tak perlu berlama-lama langsung simak ya.

Resep Sayur Tahu Krecek Lembong

Bahan:
1. Krecek lembong
2. Tahu putih
3. Santan
4. Cabai besar merah dan hijau 
5. Bawang merah dan putih

Cara masak:
1. Goreng Krecek lembong, sisihkan.
2. Tumis bawang merah dan putih sampai wangi lalu masukkan cabai, aduk-aduk.
3. Masukkan tahu putih yang sudah dipotong kecil-kecil.
4. Terakhir jika tahu putih yang diaduk sudah tidak hancur, masukkan santan, garam, gula dan penyedap. Jika rasa sudah pas masukkan kreceknya lalu angkat dan siap dinikmati.

Kreceknya bisa beli ya atau kalau bikin sendiri caranya cukup mudah. Parut lembong dan tambahkan air. Peras dan diamkan agar pati turun. Jangan lupa ganti air rendaman pati, hati-hati pastikan pati tidak ikut hanyut. Lakukan ini tiga sampai empat kali sehari semalam, esoknya rebus pati hingga matang. Setelah dingin iris kecil-kecil lalu jemur hingga benar-benar kering. Jadi deh.

Kalau kamu pernah mengolahnya juga, tulis ulasanmu di sini ya. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pati Lembong Makanan Sehat Pengganti Krecek Kulit "

Email Hosting
Email Hosting