Pengen Tulisan Kamu Dijadiin Novel? Kenali Dulu 4 Jenis Penerbit Versinya Ariny NH

 Penulis: Sea Tea    Editor: R.Resvita

Ariny NH dan Pidi Baiq (Foto Dok Pribadi Ariny NH)

Menulis cerita, kemudian menjadi sebuah novel tentu adalah sebuah pencapaian dan impian semua penulis. Masalahnya tidak semua penulis paham jenis - jenis penerbitan, apalagi penulis pemula. Kita simak yuk, ulasan dari Ariny NH. tentang jenis penerbit yang patut diketahui para penulis berikut ini.

Senin, 7 Juni 2021, JPI Class On The Moon melalui WhatsApp berkesempatan mendapatkan materi menarik seputar penerbitan bersama Ariny NH. Ariny sudah bergelunt di dunia literasi sejak 2012 dan memiliki penerbitan indie bernama AT Press.

Ariny NH menjelaskan bahwa sebenarnya ada banyak penyebutan untuk penerbitan cetak buku, tetapi isyilah penerbitan yang umum dan wajib diketahui para penulis ternyata ada empat, yaitu:

1. Penerbit Mayor (Mayor Label)
Penerbitan ini tidak ada biaya terbit bagi penulis. Buku cetak akan diedarkan di toko buku Gramedia serta toko buku lainnya. Untuk bisa menerbitkan di sini, naskah akan diseleksi terlebih dahulu.

2. Indie Label
Hampir serupa dengan penerbit mayor yang patut melalui seleksi naskah. Hanya saja, sistem penjualan pada penerbit indiemenggunakan sistem pre order dan dijual secara daring (online).

3. Self Publishing
Setipe dengan indie label, tetapi pengerjaan untuk penyuntingan naskah (edit), desain halaman depan (cover), sampai tata letak naskah (layout) dilakukan oleh penulisnya sendiri. Jika penulis tidak sanggup, maka bisa ditawarkan pada penerbit dengan biaya yang sudah ditentukan pihak penerbit.

4. Semi Mayor
Ini adalah gabungan antara mayor label dan indie label dimana buku bisa masuk toko buku dengan biaya cetak ditanggung oleh penulis. Untuk masuk toko buku, diperlukan minimal 2000 eksemplar. Namun, ada juga penerbit yang memberikan keringanan dengan syarat-syarat tertentu. Semisal, jika mampu terjual 500 eksemplar di masa pre order, maka novel tersebut akan diedarkan di toko buku Gramedia.

Foto Dok. Pribadi Ariny NH.

Ariny NH mengingatkan bahwa untuk bisa tembus di penerbit mayor, penulis bisa mencoba menulis di platform menulis digital (online) yang banyak terdapat di situs web atau aplikasi terkini. Salah satu contohnya adalah platform khusus mnenulis fiksi, Wattpad

Syaratnya gampang, selama penulis bisa menembus jutaan pembaca, maka naskah yang yang ditulis bisa dilirik oleh penerbit mayor. Selain itu, perlu diingat bahwa naskah yang menarik dan memiliki nilai jual tinggi juga menjadi syarat untuk bisa dicetak penerbit mayor.

Itulah macam-macam jenis penerbitan yang ada. Sebagai penulis kita bisa mengajukan naskah kita di mana saja, asalkan berani dan yakin dengan kemampuan kita. Semangat Berkarya!!! (ST)

Posting Komentar untuk "Pengen Tulisan Kamu Dijadiin Novel? Kenali Dulu 4 Jenis Penerbit Versinya Ariny NH"