Patuhi Protokol Kesehatan, Di Masa Pandemi Ibu Hamil Desa Jati Datar Rutin Adakan "Kelas Ibu Hamil" Tiap Bulan

 Penulis: Ria M.   Editor: Dita Faisal

Sesi Pemotretan Saat Kelas Usai

Setiap proses kehamilan adalah perjuangan besar bagi para ibu. Baik janin maupun ibu sama-sama berjuang untuk mewujudkan kehamilan yang sehat. Peran keluarga dan dukungan medis sudah pasti menjadi penyemangat ibu untuk kuat melalui proses kehamilan. 

Demi mewujudkan ibu dan bayi sehat selama proses kehamilan, bidan dan tenaga kesehatan Desa Jati Datar, Kecamatan Bandar Mataram, Lampung Tengah turun langsung ke Posyandu untuk aktif memberi bimbingan hingga menjelang proses lahiran.

Tanggal 23 setiap bulannya, Posyandu Sari Waras mengadakan kelas ibu hamil. Para ibu akan diberikan pembekalan materi oleh bidan senior mulai dari pemberian imunisasi hingga praktek senam yang baik dan benar. Sejak 2015 kegiatan ini sukses mewujudkan ibu hamil yang sehat dan bahagia.  

Di kelas pendampingan ibu hamil itu para tenaga medis yang ramah akan mengajak ibu hamil untuk berkonsultasi tentang kehamilannya. Pelayanan yang ramah serta pemahaman materi yang ringan itu membuat ibu hamil lebih terbuka untuk mengajukan pertanyaan dan mengutarakan keluhan yang dialami. Dengan begitu, tentu saja tenaga medis akan lebih mudah mengetahui keluhan dan segera memberikan solusi yang tepat. 

Sempat terhenti akibat pandemi, kini kelas edukasi dan bimbingan bagi ibu hamil di Desa Jati Datar, Lampung Tengah sudah mulai aktif kembali. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak adalah hal wajib yang patut dipatuhi seluruh peserta. Ibu hamil yang datang tanpa mematuhi protokol tidak akan bisa mengikuti kelas ini. 

"Maaf Bu, di kelas ini semua wajib pakai masker. Jika lupa membawa masker silakan pulang dulu ambil masker ya," tegas Prihatiningsih, Bidan senior setempat.

Keterbatasan waktu dalam kelas tak menyurutkan semangat para tenaga medis untuk berkontribusi.  Mereka pun kompak membentuk grup WhatsApp Kelas Ibu Hamil untuk saling menyapa, memberi dukungan, tukar pengalaman, berbagi pengetahuan, serta wadah aduan ringan lain yang tak sempat diutarakan ketika kegiatan kelas ibu hamil diadakan. Itulah sepenggal cerita dari ibu hamil dan tenaga medis di Desa Jati Datar, Kecamatan Bandar Mataram, Lampung Tengah. (RM)

Posting Komentar untuk "Patuhi Protokol Kesehatan, Di Masa Pandemi Ibu Hamil Desa Jati Datar Rutin Adakan "Kelas Ibu Hamil" Tiap Bulan"