Penuhi Kebutuhan Kalsium Saat Hamil Meski Tak Doyan Susu

Penulis: Ria M.   Editor: Dita Faisal

Kehamilan adalah proses tumbuh dan berkembangnya janin di rahim ibu. Guna mendukung proses tersebut, wanita hamil wajib memenuhi kebutuhan kalsium yang bisa didapat dari susu. Sayangnya banyak ibu hamil yang tidak suka susu sebagai sumber protein. Entah karena bawaan atau memang alergi, padahal kalsium sangat penting bagi perkembangan janin dan juga kesehatan ibu. 

Semasa tumbuh dan berkembang di dalam rahim, janin akan menyerap kalsium dari tulang ibu dan kebutuhan akan meningkat tiap tiga bulan sekali (trimester). Bayangkan jika kebutuhan kalsium ibu tak tercukupi, maka tentu saja akan menimbulkan berbagai masalah pada ibu. Misalnya saja keluhan nyeri saat hamil hingga menyusui, bahkan ada juga yang mengeluh gigi copot karena minimnya kalsium. 

"Saya memiliki teman sesama bidan. Saat itu ia mengandung anak perempuan. Bayi perempuan akan lebih banyak menyedot kalsium dari tubuh ibu, makanya ia bilang giginya sampai copot akibat kurang kalsium," kata Liya, Bidan Puskesmas Jati Datar kecamatan Bandar Mataram Lampung Tengah.

Wah, tak main-main ya dampak kekurangan kalsium. Perkembangan bayi pun bisa terganggu jika kebutuhan kalsium tak terpenuhi. 

Eits! Tapi tenang. Bagi Ibu hamil yang tidak suka susu ternyata ada alternatif lain untuk tetap sehat. Tak perlu jauh-jauh, ternyata di sekitar kita banyak sumber kalsium, lho. Misalnya saja kita bisa dapatkan kalsium dari makanan olahan susu seperti keju, sayuran hijau, yoghurt, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Beberapa buah yang mengandung kalsium juga baik kita konsumsi seperti halnya Apel, Jeruk, Pisang, dan Labu kuning. 

Keadaan setiap ibu saat hamil tentu berbeda-beda. Ada ibu yang susah makan saat trimester awal bahkan tak kunjung membaik hingga trimester ketiga. Lalu, bagaimanakah ibu hamil memenuhi kebutuhan kalsium?

Setiap kali periksa kehamilan pastilah Ibu hamil akan diberi suplemen dan vitamin. Nah, kita bisa meminta bidan atau dokter untuk menambahkan suplemen kalsium atau bisa juga membelinya sendiri di Apotek terdekat tentu dengan resep dokter, ya Bun! (RM)

Posting Komentar untuk "Penuhi Kebutuhan Kalsium Saat Hamil Meski Tak Doyan Susu"

Email Hosting
Email Hosting